Mengenal Bos Evergrande Orang Terkaya di China yang Memiliki Utang $300 Milar Dollar US

Bos Evergrande Orang Terkaya

Bos Evergrande Orang Terkaya – Pendiri pengembang properti di China Xu Jiayin telah menulis surat untuk karyawannya yang berjumlah 125.000 orang yang terancam gulung tikar dikarenakan hutang yang sangat banyak mencapai US$ 300 Milyar.

Bos Evergrande Orang Terkaya

“saya yakin dengan kerja keras kalian selama ini dan jajaran pemimpin dan karyawan di PT. Evergrande bisa melewati masa-masa keritis yang sedang kita hadapi saat ini, kita harus tabah menjalani perjuangan ini, kita pasti akan bisa keluar dari masa-masa gelap ini segera.” Ungkap Xu Jiayin.

Surat ini ditulis Xu ketika prusahaannya sudah menghadapi kebangkrutan dikarenakan persoalan serius terkait utang yang teramat banyak.

Banyak yang beranggapan xu alias bos Evergrande bakalan tidak sanggu untuk membayar hutang yang senilai US$300 Milayar dollar US. Jika terjadi kebangkrutan kepada perusahaan Evergrande yang berpusat di Shenzhen ini akan dapat memicu kekacauan keuangan global dalam sektor properti.

Sebagian warga china yang sudah membeli rumah dengan uang cash ataupun credit juga memicu kemungkinan rumah yang sudah dibeli tidak akan selesai di bangun pada waktu yang sudah di tetapkan.

Diketahui Evergrande sebagai pengembang dan sudah mengerjakan sebanyak 876 proyek dengan luar lahan 293 juta meter persegi dan sudah tersebar di berbagaya wilaya di china. Laporan ini sudah di keluarkan oleh pemerintah china dan mengontrol utang perusahaan-prusahaan properti untuk memenuhi kewajiban membayar utang kepada pemerintah china.

Biodata Xu Jiayin

Xu juga di kenal dengan nama Hui Ka yan, Ia lahir pada 1958 di Desa Jutaigang, provinsi Henan, China Barat.

Ayah Xu adalah seorang anggota tentara Revolusioner yang ikut bertempur melawan jepang pada masa dulu dan Ibunya Xu sudah meninggal sejak xu masih berumur 1 tahun di China tempat kelahirannya.

Menurut kabar berita di china, sebelum xu menjadi orang terkaya di china, Ia pernah menjadi pekerja kasar di wilayah Henan. ia juga pernah menjadi pekerja semen waktu ia muda dulu. Dengan gaji yang kecil hanya untuk menutupi kehidupanya saja cu tidak berkecil hati dan terus mengasa karir di usia muda.

Pada awal 1970 ia memutuskan masuk ke Institut besi dan baja di Wuhan, Lembaga pendidikan yang sekarang berubah menjadi Universitas Sains dan Teknologi Wuhan.

Setelah lulus, ia bekerja di pabrik besi dan belajar dari pengalaman di pabrik besi tersebut, tidak berselang lama Xu sudah menonjolkan bakatnya di prusahaan tersebut.

Pada tahun 1996 Xu mendirikan prusahaan sendiri di kota kecil China, Seiring berjalannya waktu prusahaan yang di bangun Xu berkembang dan dan mendapatkan banyak invertor dari berbagai daerah maupun internasional.

2018 Brand Finace menempatkan Evergrande sebagai perusahaan real estate dengan nilai terbesar didunia. Cu memiliki 70% saham Evergrande, dan memiliki total kekayaan mencapai US$11 Milayar Dollar. Dilihat dari Forbes.

Evergrande diketahui juga pernah membeli club sepak bola di Guangzhou pada 2010 seharga US$15 juta dollar, setelah 4 tahun dalam naungan Xu, saham klub nya di jual ke perusahaan E-commerceAlibaba seharga US$192 juta.