Indonesia-China telah Sepakat Bekerja Sama Dengan Transaksi LCS, Cek Bannk Resminya

Indonesia-China Sepakat Transaksi LCS

Indonesia-China Sepakat Transaksi LCS – Bekerja Sama Dengan Transaksi LCS, Cek Bannk Resminya
Bank Indonesia (BI) dan Bank People Bank China (PBC), hari ini senin (2/9/2021) resmi telah memulai mendatangani kerja sama dengan China dan menyelesaikan transaksi bilateral dengan mata uang lokal seperti “Local Currency Settlement ” (LCS) antara Indonesia dan China.

Indonesia-China Sepakat Transaksi LCS

Bentuk dari kerja sama yaitu penggunaan kuotasi nilai tukar mata uang secara langsung (direct quotation) dan relaksasi regulasi dalam transaksi valuta asing mata uang China dan mata uang Indonesia, Rupiah.

diketahui Indonesia juga tidak hanya bekerja sama dengan China saja Indonesia juga di ketahui telah bekerja sama dengan beberapa negara antara lain ialah Jepang, malaysia, dan Thailand. Dalam kerja sama ini Indonesia berharap mendorong penggunaan mata uang valuta asing dan local yang lebihluat dalam pernyelesaian transaksi perdagangan dan investasilangsung dengan berbagai negara kemitraan. Penggunaan LCS diharapkan juga bisa mendukung kestabilan rupiah di mata uang dunia saat ini.

Gubernur Bank Indonesia juga telah menjelaskan banyak keuntungan dalam kerja sama dengan China LCS, keuntungan yang di berika adalah manfaat untuk para pengusaha, antara lain ialah biaya konversi transaksi dalam valuta mata uang asing yang lebih efisienm dan di verifikasikan elsposur mata uang yang digunakan dalam menyelesaikan transaksi luar negeri ataupun dalam negeri.

Untuk mendukung dan melancarkan kerja sama ini Bank Indonesia (BI) telah menunjuk beberapa bank yang berada di negara masing-masing untuk berperan sebagai Appointed Cross Currency Dealer (ACCD).

Bank yang ditunjuk sebagai ACCD adalah bank-bank yang sudah memiliki jam terbang yang sangat pengalaman dalam mengatur keuangan dan kemampuan untuk memfasilitasi rupiah dan yuan dengan sesuai kerja sama LCS yang sudah di sepakati, tidak hanya itu bank yang di tunjuk juga harus memiliki kesehatan keuangan yang baik dan berpengalaman dalam menyediakan berbaai jasa keuangan mata uang asing.

Berikut daftar nama bank-bank yang sudah ditunjuk sebagai ACCD oleh Bank Indoneisa (BI).

PT Bank Central Asia, Tbk (BCA)
Bank of China, Ltd (Hongkong)
PT Bank China Construction Bank Indonesia, Tbk
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk
PT bank ICBC Indonesia
PT Bank Mandiri,Tbk (Persero)
PT Bank Permata, Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (persero)
PT Bank UOB Indonesia

Bank-bank yang berada di Tiongkok adalah
Agriculture Bank of China
Bank of China
Bank of Ningbo
Bank Mandiri Shanghai Branch
China Construction Bank
Industrial and Commercial of China
Maybank Shanghai Branch
United Overseas Bank (China) Limited